Minggu, 21 April 2019

Obat Herbal Penurun Kolesterol Tinggi

Kolesterol itu merupakan zat lemak yang disebut juga dengan lipid yang juga memiliki peranan penting dalam menjaga tubuh agar dapat bekerja secara normal. Kolesterol ini di produksi didalam hati atau juga bisa di bentuk dari beberapa macam makanan yang di asup.

Obat Herbal Penurun Kolesterol Tinggi

Kolesterol ini di sebarkan kedalam darah melalui bantuan protein, dan disaat keduanya ini telah bersatu akan menjadi lipoprotein. Yang dimana lipoprotein ini terbagi menjadi 2 macam, yakni LDL (Low Density Lipoprotein) atau yang juga di beri julukan sebagai kolesterol jahat, dan juga HDL (High Density Lipoprotein) yang di sebut juga dengan kolesterol baik, yang mana HDL ini mampu melarutkan kolesterol jahat (LDL) yang berperan membentuk timbunan plak di dinding pembuluh darah yang mengakibatkan aterosklerosis, yang mana keduanya itu berdiam didalam tubuh.

Namun, apabila kadar kolesterol didalam darah terlalu banyak (hiperlipidemia) bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Dan parahnya, jika kadar kolesterol didalam darah telah melampaui batas normal (160-200 mg), maka tidak ada gejala apa-apa yang di rasakan (walau sebetulnya ada), sehingga hal tersebut bisa mengancam kondisi kesehatan tubuh.

Untuk mengetahuinya, bisa melakukan pengukuran melalui tes darah atau dapat pula di lihat dari gaya hidup dan riwayat kesehatan keluarga.

Walaupun tadi di katakan tidak adanya gejala kolesterol tinggi, sebetulnya ada beberapa petunjuk yang dapat memastikan seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi. Nah, di bawah ini ada beberapa gejala kolesterol tinggi yang jika di biarkan begitu saja bisa memicu pembuluh darah tersumbat yang nantinya bisa mengakibatkan munculnya penyakit jantung.


  • Merasakan nyeri pada kaki.
  • Adanya perubahan pada kuku dan kulit.
  • Kram pada malam hari yang biasa terjadi dibagian jemari kaki, tumit, atau kaki bagian bawah.
  • Kaki menjadi dingin.
  • Mengalami mati rasa.
  • Perut kembung.
  • Mempunyai berat badan berlebih (obesitas).
  • Diare.
  • Lesu, dan sakit kepala.
  • Mengalami luka yang tak kunjung sembuh.
  • Jantung berasa sakit / berdebar-debar (palpitasi).
  • Timbul benjolan di beberapa bagian tubuh.

Apabila salah satu di antara Anda ada yang merasakan beberapa gejala kolesterol tinggi seperti yang di uraikan di atas, maka alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apa yang terjadi dalam tubuh Anda. Bila betul, bahwa kadar kolesterol jahat (LDL) Anda lebih tinggi ketimbang kolesterol baik (HDL), tentunya Anda perlu bantuan dokter untuk menanganinya. Biasanya dokter juga akan merekomendasikan kepada pasien untuk mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.

Selain itu, sebetulnya kolesterol tinggi juga bisa di tangani secara alami, bermula dari merubah dikit demi sedikit gaya hidup Anda agar jadi lebih baik lagi. Selain dengan menerapkan gaya hidup sehat, Anda juga bisa menggunakan tanaman obat tradisional yang berkhasiat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, diantaranya :

Daun Sirsak

Daun sirsak dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal penurun kolesterol tinggi. Sudah tahukah Anda dengan khasiat dan kegunaan yang di miliki oleh daun sirsak ini? Daun sirsak ini di yakini mempunyai zat yang mengandung tinggi antioksidan yang sangat baik untuk tubuh, diantaranya kandungan antioksidan yang berada dalam daun sirsak itu mampu menumpas zat-zat asing yang bersarang di dalam tubuh Anda. Sehingga dengan adanya kandungan antioksidan itu, maka metabolisme tubuh juga bisa menjadi lebih lancar dan tubuhpun akan berasa lebih sehat. Tak hanya itu, antioksidan yang terkandung di dalam daun sirsak juga mampu memerangi kolesterol jahat yang berada didalam tubuh sehingga cuma kolesterol baik sajalah yang tersisa.

Sebetulnya, memang sudah sejak lama kolesterol jahat (LDL) itu terkenal sebagai biang masalah bagi tubuh, dikarenakan kolesterol itulah yang bisa menyebabkan munculnya penyakit serius seperti penyakit jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes mellitus, penyumbatan pembuluh darah dsb. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah yang membuat darah menjadi kental dan susah untuk mengalir ke seluruh tubuh, sehingga hal tersebut bisa menyebabkan jantung bekerja dengan sangat keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Apabila kondisi itu terjadi dalam jangka panjang, maka kelama-lamaan akan mengakibatkan pembuluh darah tersumbat. Dan salah satu alternatif untuk menangani kolesterol tinggi dengan daun sirsak, Anda bisa merebus daun sirsak dan meminum air rebusannya, atau dengan mengkonsumsi ekstrak daun sirsak yang telah di padukan dengan tanaman tradisional lainnya menjadi sebuah produk herbal. Itu lah keampuhan daun sirsak sebagai obat alami kolesterol tinggi.

Manggis

Manggis adalah salah satu buah tropis yang di percayai berasal dari Nusantara. Buah yang satu ini juga mengandung antioksidan paling tinggi di antara jenis buah-buah lainnya, dikarenakan manggis ini amat bagus untuk mencegah dan menyembuhkan beragam macam penyakit yang di akibatkan oleh radikal bebas tercakup kanker. Selain itu, buah manggis juga mempunyai zat anti-inflamasi sehingga mampu untuk mencegah peradangan dan nyeri yang terjadi pada sendi.

Bukan hanya daging buahnya saja yang dapat di makan dan mengandung banyak vitamin, melainkan rupanya kulit buahnya juga dapat di manfaatkan sebagai obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan turunan xanthone yang terdapat di dalam kulit manggis, yaitu alfa-mangostin yang berperan untuk menaikkan aktivitas enzim lipoprotein lipase untuk menghidrolisis kolesterol jahat (LDL) menjadi asam lemak & gliserol.

Dan implikasinya, kadar kolesterol jahat (LDL) menurun dan justru sebaliknya kadar kolesterol baik (HDL) meningkat. Untuk mengambil khasiat dari manggis sebagai obat alami penurun kolesterol, Anda bisa menjadikan kulit manggis ini sebagai jus, atau bila Anda tidak ingin repot-repot membuat jus kulit manggis, Anda bisa mengkonsumsi ekstrak kulit manggis yang sudah di padukan dengan bahan herbal lainnya menjadi sebuah obat herbal kolesterol tinggi yang ampuh.

Alpukat

Alpukat memang salah satu jenis buah yang berlemak, akan tetapi hal tersebut bukan berarti bahwa buah alpukat ini memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh. Justru, faktanya alpukat ini merupakan salah satu buah yang dapat memberikan energi ekstra dan manfaat kesehatan lainnya untuk tubuh, selain itu dapat digunakan sebagai obat tradisional penurun kolesterol tinggi.

Tekstur yang lembut dan rasanya yang begitu lezat membuat alpukat ini menjadi suatu bahan yang banyak di olah untuk di jadikan bermacam-macam makanan dan minuman. Karena alpukat ini mengandung lemak, maka buah yang satu ini dapat di manfaatkan sebagai pengganti daging didalam salad atau sandwich. Selain dari pada itu, kandungan lemak yang di miliki oleh buah alpukat ini juga dapat mengisi sekitar ¾ total kalori secara keseluruhan. Tapi, yang perlu Anda semua tahu, bahwa lemak yang terkandung dalam alpukat itu merupakan lemak tak jenuh tunggal dalam bentuk asam oleat.

Lemak tak jenuh tunggal itu adalah lemak baik yang mampu menyusutkan kadar kolesterol jahat didalam darah dan juga mampu mengurangi resiko terhadap serangan penyakit jantung dan stroke. Didalam buah alpukat ini juga terkandung protein, gula, vitamin & mineral, serta serat pangan. Buah alpukat ini juga di perkaya akan kandungan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang sudah terbukti efektif dalam menyusutkan kadar kolesterol dalam darah.

Blueberry

Sudahkah Anda mengetahui, bahwa di dalam buah blueberry ini terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan, terutama yang begitu dikenal dengan kandungan antioksidannya yang begitu besar. Dan jenis antioksidan kuat dalam buah blueberry yang di ketahui ialah dari jenis Anthocyanins-polifenolik, yakni yang dapat mempengaruhi warna ungu, hitam dan merah pada buah-buahan dan sayuran. Selain itu, ada pula nutrisi lain yang di temui dalam buah kecil yang berwarna keunguan ini yaitu vitamin A, C, E, serat dan mangan.

Blueberry ini merupakan buaah yang berasal dari pohon semak, yang mempunyai nama latin Vaccinium dan dari keluarga tumbuhan Ericaceae. Dan tanaman ini juga masih terbagi menjadi dua macam lagi, yakni blueberry semak rendah dan semak tinggi. Tanaman blueberry semak tinggi, rata-rata dapat tumbuh mencapai 10 s-d 1 meter, dengan batang yang mempunyai banyak percabangan. Sedangkan tanaman blueberry semak rendah, ia dapat tumbuh mencapai 1 s-d 2 meter. Yang mana kedua macam spesies ini dapat tumbuh di tanah berpasir, asam, dan lebih baik tumbuh di tanah yang terbuka.

Dan kini buah yang satu ini sangat berkhasiat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Yang mana blueberry ini merupakan salah satu buah berry paling mujarab untuk menyusutkan kadar kolesterol. Meski demikian, jenis buah berry lainnya seperti mulberry, strawberry dan raspberry juga mampu Anda manfaatkan sebagai andalan untuk menyusutkan kadar kolesterol jahat.

Seperti itulah beberapa macam tanaman tradisional berkhasiat yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami.